Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 2
Outline:
- Pendahuluan
- Pentingnya latihan soal dalam pembelajaran bahasa Inggris
-
Gambar: Sebuah apel
Pilihan: a. banana b. apple c. orange d. grape -
Gambar: Segelas susu
Pilihan: a. water b. juice c. milk d. tea -
Gambar: Sepotong roti
Pilihan: a. rice b. bread c. noodle d. cake -
Gambar: Sebuah jeruk
Pilihan: a. apple b. orange c. mango d. watermelon -
Gambar: Pisang
Pilihan: a. grape b. strawberry c. banana d. melon
Pembahasan Soal 6-10:
Soal ini menguji kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kosakata berdasarkan gambar. Strategi yang baik adalah dengan melihat gambar dengan seksama dan mencari kata yang paling sesuai dengan objek yang digambarkan.
- Jawaban: b. apple (apel)
- Jawaban: c. milk (susu)
- Jawaban: b. bread (roti)
- Jawaban: b. orange (jeruk)
- Jawaban: c. banana (pisang)
Bagian 2: Grammar (Tata Bahasa)
Isilah bagian yang kosong dengan bentuk present continuous tense yang tepat:
- My sister __ (read) a book in her room now.
- The birds __ (sing) in the garden.
- We __ (play) football in the field at the moment.
- The teacher __ (explain) the lesson.
- I __ (write) a letter to my friend.
Pembahasan Soal 11-15:
Present continuous tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung saat ini. Rumusnya adalah: to be (am, is, are) + verb-ing.
- Jawaban: is reading (My sister is reading a book in her room now.)
- Jawaban: are singing (The birds are singing in the garden.)
- Jawaban: are playing (We are playing football in the field at the moment.)
- Jawaban: is explaining (The teacher is explaining the lesson.)
- Jawaban: am writing (I am writing a letter to my friend.)
Pilihlah kata ganti (pronoun) yang tepat:
-
My father is a doctor. __ works in a hospital.
a. She b. He c. It d. They -
My mother and I like to cook. __ cook together every weekend.
a. He b. She c. We d. It -
The cat is sleeping. __ is very cute.
a. He b. She c. It d. They -
My sister is a student. __ studies hard.
a. He b. She c. It d. They -
My friends and I are going to the park. __ will have a picnic there.
a. He b. She c. It d. We
Pembahasan Soal 16-20:
Kata ganti (pronoun) digunakan untuk menggantikan kata benda. Penting untuk memilih kata ganti yang sesuai dengan jenis kelamin dan jumlah orang atau benda yang digantikan.
- Jawaban: b. He (Ayah adalah laki-laki tunggal)
- Jawaban: c. We (I dan ibu = kami)
- Jawaban: c. It (Kucing adalah hewan)
- Jawaban: b. She (Saudara perempuan adalah perempuan tunggal)
- Jawaban: d. We (Teman-teman dan saya = kami)
Bagian 3: Reading Comprehension (Pemahaman Membaca)
Bacalah teks berikut dengan seksama:
Last summer, I went to Bali with my family. We stayed in a beautiful hotel near the beach. We swam in the sea every day. I also learned how to surf. The food in Bali was very delicious. I ate a lot of nasi goreng and sate. We had a wonderful time in Bali.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks:
-
Where did the writer go last summer?
a. Jakarta b. Bandung c. Bali d. Surabaya -
Who did the writer go with?
a. His friends b. His family c. His teacher d. His classmates -
Where did they stay?
a. In a tent b. In a hotel c. In a house d. In a car -
What did the writer do every day?
a. Played football b. Swam in the sea c. Watched television d. Read a book -
What did the writer eat in Bali?
a. Pizza and burger b. Fried chicken and french fries c. Nasi goreng and sate d. Spaghetti and meatballs
Pembahasan Soal 21-25:
Strategi membaca yang efektif adalah dengan membaca teks secara keseluruhan terlebih dahulu untuk memahami ide pokoknya. Kemudian, baca pertanyaan dan cari jawaban yang sesuai dalam teks.
- Jawaban: c. Bali (Terdapat pada kalimat pertama teks)
- Jawaban: b. His family (Terdapat pada kalimat pertama teks)
- Jawaban: b. In a hotel (Terdapat pada kalimat kedua teks)
- Jawaban: b. Swam in the sea (Terdapat pada kalimat ketiga teks)
- Jawaban: c. Nasi goreng and sate (Terdapat pada kalimat kelima teks)
Bagian 4: Writing (Menulis)
-
Susunlah kalimat-kalimat berikut menjadi paragraf yang benar:
a. He likes to play with a ball.
b. I have a pet dog.
c. His name is Buddy.
d. Buddy is very friendly.
Pembahasan Soal 26:
Tips menyusun kalimat menjadi paragraf yang baik adalah dengan memperhatikan urutan ide dan menggunakan kata penghubung yang tepat. Kalimat utama biasanya berada di awal paragraf.
Jawaban:
b. I have a pet dog.
c. His name is Buddy.
d. Buddy is very friendly.
a. He likes to play with a ball.
- Tuliskan deskripsi singkat tentang dirimu sendiri (3-4 kalimat):
Pembahasan Soal 27:
Panduan menulis deskripsi diri yang sederhana:
- Mulai dengan nama dan usia.
- Sebutkan hal-hal yang kamu sukai.
- Sebutkan cita-citamu.
Contoh Jawaban:
My name is . I am 10 years old. I like to read books and play badminton. I want to be a doctor when I grow up.
Bagian 5: Listening Comprehension (Pemahaman Mendengarkan) (Simulasi)
(Instruksi: Guru membacakan deskripsi singkat berikut. Siswa mendengarkan dengan seksama dan menjawab pertanyaan.)
Guru membaca:
"Sarah is at the bookstore. She wants to buy a book about animals. She asks the shop assistant for help. The shop assistant shows her a book with colorful pictures. Sarah likes the book and buys it."
Pertanyaan:
-
Where is Sarah?
a. At the park b. At the zoo c. At the bookstore d. At the library -
What does Sarah want to buy?
a. A toy b. A book c. A pen d. A bag -
What kind of book does Sarah buy?
a. A book about cars b. A book about plants c. A book about animals d. A book about space
Pembahasan Soal 28-30:
Strategi mendengarkan yang efektif adalah dengan fokus pada informasi penting, seperti nama, tempat, dan kegiatan. Catat kata kunci jika perlu.
- Jawaban: c. At the bookstore
- Jawaban: b. A book
- Jawaban: c. A book about animals
Kesimpulan
Latihan soal bahasa Inggris kelas 4 semester 2 ini mencakup berbagai aspek penting, seperti kosakata, tata bahasa, pemahaman membaca, menulis, dan pemahaman mendengarkan. Dengan mengerjakan latihan soal secara rutin dan memahami pembahasannya, siswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara signifikan.
Tips belajar bahasa Inggris secara efektif:
- Belajar kosakata baru setiap hari.
- Berlatih tata bahasa dengan mengerjakan latihan soal.
- Membaca teks bahasa Inggris secara rutin.
- Menulis kalimat atau paragraf sederhana dalam bahasa Inggris.
- Mendengarkan lagu atau percakapan dalam bahasa Inggris.
Tetaplah semangat dan teruslah berlatih! Semakin sering berlatih, semakin mahir kamu dalam berbahasa Inggris.
